|

Loading...

Selamat Datang di MediaPendamping.Com ➤ Tajam - Terpercaya - Berimbang ➤ Semua Wartawan MediaPendamping.Com Dilengkapi Dengan ID Card Wartawan dan Nama Wartawan Tersebut Ada di Box Redaksi.

Ada 6 Cara Membasmi Tungau pada Kasur, Salah Satunya Disemprot Cuka

 

Ada 6 Cara Membasmi Tungau pada Kasur, Salah Satunya Disemprot Cuka
Ket Foto : Cuka Salah Satu Cara Untuk Membasmi Tungau
MEDIAPENDAMPING.COM | Medan - Tungau kasur merupakan sebuah spesies hewan yang sangat kecil, hingga tak kasat mata, yang biasa hidup di pemukiman manusia. Ukuran dari tungau sendiri adalah sekitar 420 ยตm panjang dan 250-320 ยตm lebar.


Bentuk dari tungau kasur sendiri, hampir mirip dengan kutu rambut, namun ukurannya jauh lebih kecil. Tungau kasur, bisa disebut parasit, karena hidup di celah-celah dan lipatan kasur.


Tungau kasur disebut sangat sulit untuk dibasmi, bahkan dengan bahan-bahan kimia sekalipun.


Sehingga, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan kasur, seperti sering dijemur, dan mengganti sprei.


Baca Juga :

••  Yukk..!! Kenali Dulu Gejala Serangan Jantung

••  Viral..!! Susu Beruang Campur Madu dan Telur Tambah Stamina, Benarkah ?

••  4 Tanda Keberadaan Tungau Pada Kasur


Pasalnya, tungau kasur tidak hanya menumpang hidup di kasur, tapi juga bisa merugikan si pengguna kasur.


Tungau kasur biasanya akan keluar di malam hari dari tempat persembunyiannya, lalu menggigitmu dan menghisap darah seperti kutu rambut.


Meskipun tergolong hewan yang gampang beradaptasi, namun keberadaan tungau masih bisa di atasi dengan beberapa langkah berikut ini:


1. Menjemur Peralatan Tidur

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjemur peralatan tidur seperti kasur, bantal dan guling di bawah terik matahari. Hal ini bertujuan agar tungau berpindah tempat. Sebelum menjemur pastikan sudah menjauhkan barang-barang yang lain dari benda yang sudah di huni oleh tungau.


2. Menyemprotkan Air Garam

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan cukup mudah dengan menggunakan barang yang ada di dapur. Cukup campurkan satu sendok  garam kemudian larutkan dengan setengah gelas air kemudian semprotkan secara merata pada kasur.


3. Menaburkan silika gel

Biasa digunakan untuk mengawetkan makanan, barang-barang yang lekas menjamur, dan lainnya, ternyata silika gel juga bisa digunakan untuk basmi tungau kasur.


Cara menghilangkan tungau kasur secara alami dengan silika gel ini, bisa diaplikasikan dengan mudah.


Karena, kamu hanya tinggal menyebar silika gel ke seluruh area kasur. Nantinya tungau akan menempel pada silika gel, dan mati.


4. Disemprot cuka

Meski bau kecut, namun cuka bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan tungau kasur secara alami.


Caranya, hanya cukup campurkan cuka dengan air, lalu masukan ke botol semprot. Selanjutnya, larutan cuka tersebut, bisa disemprotkan ke area kasur.


Cuka juga disebut ampuh membasmi tungau, bahkan sampai ke telurnya. Mudah bukan?


5. Daun sirsak

Ada cara menghilangkan tungau kasur secara alami, yang tidak kalah praktis, yakni hanya dengan daun sirsak.


Selain mudah didapat, daun sirsak disebut ampuh usir tungau kasur. Caranya, kamu tinggal cari daun sirsak, petik, dan taburkan daun ke area kasur.


Tidak hanya untuk mengatasi, daun sirsak juga bisa untuk mencegah tungau kasur datang kembali.


6. Disemprot Sari Bawang

Selain durian, bawang juga memiliki aroma menyengat, yang bisa usir tungau kasur. Sehingga, bawang putih dan bawang merah bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan tungau kasur secara alami.


Caranya, kamu cukup parut bawang, lalu ambil sarinya. Setelah itu, sari bawang bisa kamu semprotkan atau dioleskan, ke bagian kasur yang dihuni tungau.


Tidak perlu menunggu lama, tungau langsung keluar dan mati satu per satu.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi cara menghilangkan tungau kasur secara alami, yang paling efektif.


Namun, daripada mengobati, lebih baik mencegahnya sebelum tungau menjadikan penyakit kulit yang serius.


Pasalnya, tungau kasur bisa menyebabkan beberapa masalah kulit. Jenis tungau juga tidak hanya tungau kasur, tapi ada tungau debu, demodex, dan sarcoptes scabiei.


Selain itu, tungau juga tidak hanya hidup di permukaan kulit, tapi juga bisa menerobos masuk ke dalam jaringan bawah kulit, dan menimbulkan scabies atau kudis.


Nah, jika kudis sudah menginfeksi kulit kamu, maka akan timbul kemerahan, kulit melepuh, hingga berair.


Tidak mau bukan, hal tersebut terjadi kepada kamu? Maka dari itu, jaga selalu kebersihan kasur dan sprei.(Junita Siagian)

 
Komentar

Berita Terkini